6 Cara Memilih Pinjaman Online Aman Dan Terpercaya

Related Articles

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan. Koperasi simpan pinjam tidak boleh melakukan kegiatan usaha yang menyimpang dari prinsip dan jatidiri koperasi.

Dengan begitu, maka Anda akan terlindungi dari pinjaman online yang ilegal. OJK mengimbau masyarakat menggunakan jasa fintech lending yang sudah terdaftar ada berizin di lembaga pengawas tersebut. OJK memuat information 149 perusahaan fintech lending yang terdaftar dan berizin, berdasarkan hasil pemantauan yang diperbarui sampai 28 Desember 2020. Tirto.id – Masyarakat dimudahkan dalam melakukan pinjaman dana yang kini tidak mesti melalui financial institution. Kemajuan teknologi juga berdampak hingga munculnya perusahaan-perusahaan finansial teknologi yang menawarkan layanan pinjaman on-line atau ‘pinjol’. Catatan tersebut akan dijadikan acuan kelayakan calon debitur untuk tiap transaksi finansial oleh semua penyedia jasa keuangan, baik financial institution maupun fintech penyedia pinjaman online 24 jam. Debitur harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk membayar cicilan per bulan.

Tips memilih pinjaman online ojk

Pada akhirnya, OJK senantiasa berharap agar para nasabah bank online tidak terjerat dalam lubang utang karena gagal memahami ketentuan-ketentuan dalam pinjam-meminjam uang secara on-line. Namun, tentunya Anda tidak bisa asal memilih pinjaman yang dirasa mudah dan aman. Untuk menghindari kredit macet dan masalah-masalah lainnya dalam proses kredit, OJK pun memiliki ketentuan tersendiri. Ketentuan itu pun bisa menjadi acuan Anda, ketika akan memilih produk pinjaman finansial. Jika ternyata pinjol ini belum terdaftar di sistem OJK, maka ALovers patut mencurigainya. Tips memilih pinjaman on-line Pinjaman online ojk saat Covid-19 ini sejatinya sangat menguntungkan guna menghindari ALovers dari risiko kerugian di masa mendatang. Seiring menjamurnya usaha Fintech, pinjaman on-line hadir di masyarakat.

Berbagai biaya juga diinformasikan dengan jelas, Anda bisa mengecek melalui web site resminya. Dibanding pinjaman online lain, Tunaiku lebih direkomendasikan karena tidak menggratiskan biaya pelunasan lebih awal. Pastikan meminjam benar-benar untuk modal usaha tanpa digunakan untuk memperbaiki tempat usaha yang malah tidak akan membuat uang kembali. Hal ini penting agar tidak ada catatan kredit cacat yang akan menyulitkan Anda untuk mengajukan pinjaman lagi jika selanjutnya butuh pinjaman. Pastikan meminjam pinjaman untuk modal usaha sesuai dengan kemampuan.

Jika four poin di atas sudah anda lengkapi maka pengajuan pinjaman online anda akan mudah untuk di terima. Sebuah aplikasi pinjol yang sudah terdaftar di OJK tentu akan memiliki sistematis pinjaman yang transparan dan terbuka. Biasanya kalau orang-orang yang mendapat pinjaman puas dengan layanan penyedia pinjaman, mereka bakal memberi evaluate positif. Review dari mereka tersebut bisa kamu temukan di Play Store di mana aplikasi pinjaman tersebut di-download.

Limit yang tersedia dari JULO relatif besar, mulai dari Rp1 juta hingga Rp15 juta dengan bunga berkisar antara 1,5-4%. Debitur hanya perlu melengkapi identitas diri dan dana cair dalam waktu 1-2 hari kerja. Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial. Kemudian, kurangi penghasilan per bulan Anda dengan jumlah pengeluaran tersebut. Selisih dari keduanya menjadi tolok ukur Anda menentukan jumlah angsuran sekaligus tenor. Anda harus tetap menyisihkan sebagian (minimal 50%) buat simpanan dana darurat. Pemilihan tenor sebaiknya dilakukan dengan mempertimbangkan sisi untung dan rugi dari keduanya.

Oleh karena itu, Penting memastikan legalitas penyedia pinjaman online legal agar tidak terjebak pinjol ilegal. Syarat pengajuan pinjaman on-line memang cenderung lebih mudah jika dibandingkan dengan produk pinjaman lainnya. Namun, hal ini bukan berarti pinjol tidak memiliki syarat dan ketentuan sama sekali. Beberapa syarat umum untuk bisa mengajukan pinjaman on-line adalah harus melampirkan sejumlah dokumen pribadi, seperti KTP dan swafoto dengan membawa KTP. Per tanggal 25 Oktober 2021, OJK telah merilis daftar fintech legal dan mengantongi izin usaha yang menawarkan layanan pinjaman online sebanyak kurang lebih 104 perusahaan. Tentunya, saat ingin memanfaatkan produk keuangan tersebut, masyarakat diimbau untuk hanya menggunakan layanan dari perusahaan fintech yang terdaftar dan berizin tersebut.

More on this topic

Comments

Advertisment

Popular stories

Cara Memilih Konsultan Pajak Terpercaya Di Tangerang

Seperti yang kita ketahui bahwa produk yang dijual akan menentukan beban pajak. Kompetensi pajak merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh konsultan pajak. Kompetensi...

Tips Cari Uang Dan Peluang Bisnis On-line Saat Pandemi Corona

Pemerintah tetap berupaya melakukan penurunan angka kasus Covid-19 di Tanah Air dengan menerapkan ragam new normal atau adaptasi kebiasaan baru. Bisnis biasa pun bisa...

Lirik Dan Chord Lagu Ditinggal Pas Sayang

Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda. Suara.com - Beberapa lagu dangdut yang viral TikTok memang asik lirik...